Pengertian, Tugas, Fungsi dan Produk-Produk Bank



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Keadaan bank pada masa sekarang memegang peranan penting, karena jika dilihat dari kondisi masyarakat sekarang hampir semua orang berkaitan dengan lembaga keuangan. Seperti kita ketahui sejarah perbankan mulai dikenal sejak zaman Babylonia, kemudian terus berkembang hingga zaman Yunani Kuno dan Romawi. Kemudian kegiatan perbankan terus berkembang hingga ke daratan Eropa, hingga akhirnya berkembang sampai ke Asia Barat yang menyebar ke seluruh dunia, terutama daerah jajahan Eropa.
Di Indonesia sendiri sejarah perbankan tidak terlepas dari zaman penjajahan Hindia Belanda. Di zaman kemerdekaan, perbankan di Indonesia bertambah maju dan berkembang, selain itu praktek perbankan juga sudah tersebar sampai ke pelosok pedesaan. Lembaga keuangan berbentuk bank di Indonesia berupa Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Bank Umum Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Secara teoritis, lembaga keuangan dapat dikelompokan menjadi lembaga keuangan bank dan nonbank, dalam pembicaraan sehari-hari bank dikenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya menerima simpanan giro, tabungan dan deposito. Kemudian bank dikenal sebagai tempat untuk meminjam uang (kredit) bagi masyarakat yang membutuhkannya. Di samping itu, bank juga dikenal sebagai tempat untuk menukar uang, memindahkan uang atau menerima segala macam bentuk pembayaran dan setoran seperti pembayaran listrik, telepon, air, pajak, uang kuliah, dan lain-lain. Bank itu sendiri memiliki beberapa fungsi, tugas dan tanggung jawab, serta terdapat beberapa jenis bank yang ditinjau melalui beberapa aspek. Dan tidak menutup kemungkinan, dimana adanya hubungan antara nasabah dengan bank.
1.2  Rumusan Masalah
1.2.1        Jelaskan  Pengertian Bank?
1.2.2        Apakah  Fungsi dari Bank?
1.2.3        Apa saja Tugas Pokok Bank?
1.2.4        Apa saja Produk yang dimiliki Bank?


BAB II
PEMBAHASAN
1.      Pengertian Bank
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992  (sebagian diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998)  tentang perbankan, yang dimaksud dengan BANK adalah “Badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.”
Artinya, aktivitas perbankan selalu berkaitan dalam bidang keuangan. Sehingga berbicara mengenai  bank tidak terlepas dari masalah keuangan. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan menghimpun dana dan menyalurkan dana ini merupakan kegiatan utama perbankan.
2.      Fungsi Bank
ü  Bank berfungsi sebagai alat untuk menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat.
ü  Fungsi bank yaitu memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi suatu negara, dengan menghimpun dana dari masyarakat untuk berinvestasi terhadap pembangunan negara.
ü  Bank berfungsi sebagai lembaga yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang berupa jasa pelayanan perbankan kepada masyarakat agar masyarakat merasa nyaman dan aman di dalam menyimpan dananya tersebut.
Menurut Undang-Undang Pokok Perbankan Nomor 14 Tahun 1967 jenis perbankan menurut fungsinya terdiri dari:
1)    Bank Umum
2)    Bank Pembangunan
3)    Bank Tabungan
4)    Bank Pasar
5)    Bank Desa
6)    Lambung Desa
7)    Bank Pegawai
8)    Dan Bank lainnya.
Namun setelah keluar UU Pokok perbankan Nomor  7 Tahun 1992 dan ditegaskan lagi dengan keluarnya Undang-Undang RI. Nomor 10 Tahun 1998 maka jenis perbankan terdiri dari:
1)    Bank Umum
2)    Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
Di mana Bank Pembangunan dan Bank Tabungan berubah fungsinya menjadi bank Umum sedangkan Bank Desa, Bank Pasar, Lambung Desa dan Bank Pegawai menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR).
Adapun pengertian Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 adalah sebagai berikut.
1)        Bank Umum
Bank Umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Selain itu, Bank Umum disebut juga sebagai Bank Devisa
2)        Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
Bank perkreditan Rakyat (BPR) adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Selain itu, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) juga disebut sebagai Bank non-devisa.
3.      Tugas Pokok Bank
a.    Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter.
1)    Menetapkan sasaran moneter dengan memperhatikan laju inflasi yang ditetapkannya.
2)    Melakukan pengendalian moneter dengan menggunakan cara-cara termasuk tetapi tidak terbatas pada:
-    Operasi pasar terbuka di pasar uang, baik rupiah maupun valuta asing
-    Penetapan tingkat diskonto
-    Penetapan cadangan wajib minuman dan
-    Pengaturan kredit dan pembiayaan


b.    Mengatur dan menjaga kelancaran system pembayaran
1). Melaksanakan dan memberikna persetujuan dan izin atas jasa sisa pembayaran.
2). Mewajibkan penyelenggara jasa system pembayaran untuk menyampaikan laporan tentang kegiatannya.
3). Menetapkan penggunaan alat pembayaran
c.    Mengatur dan mengawasi bank
1). Melaksanakan pengawasan bank secara langung dan tidak langsung.
        Pelaksanaa pengawasan dilakukan antara lain dengan:
a)      Mewajibkan bank untuk mengampaikan laporan, keterangan, dan penjelasan sesuai dengan tata cara yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.
b)      Melakukan pemeriksaan terhadap bank, baik secara berkala maupun setiap waktu apabila diperlukan.
4.      Produk Bank
1.      Produk dari Bank BRI

A.    TABUNGAN BRITAMA

Produk tabungan yang memberikan beragam kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan dengan didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun.
Keunggulan BritAma:
·       Transaksi real time online di lebih dari 10.000 Unit Kerja BRI dan 23.000 ATM BRI seluruh Indonesia.
·       Aksesibilitas Kartu ATM/Debit BRI di jaringan BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro dan MasterCard baik di dalam maupun di luar negeri.
·       Gratis cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150.000.000,-
·       Didukung oleh Fasilitas e-Banking (mobile banking, Internet banking, sms notifikasi dll)
·       Suku bunga tabungan kompetitif
·       Dapat memilih Fasilitas  Transaksi Otomatis
·       Limit Transaksi Antar Cabang hingga Rp.300.000.000,-
Fasilitas:
1.      E-banking BRI (ATM, CDM, Mini ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dll.)
2.      Asuransi kecelakaan diri bagi nasabah perorangan:
Nasabah Tabungan BRI BritAma dengan saldo akhir minimal Rp. 500.000 diberikan fasilitas asuransi kecelakaan diri secara gratis.
·         Pertanggungan yang diberikan sebesar 250% dari saldo akhir atau maksimal sebesar Rp. 150 juta.
·         Diberikan tambahan manfaat asuransi untuk nasabah yang meningggal karena kecelakaan yaitu:
a)      Santunan pendidikan (200% dari saldo akhir atau maksimal Rp.10 juta)
b)      Santunan pendapatan (100% dari saldo akhir atau maksimal Rp 12 juta)
c)      Santunan duka sebesar Rp1,5 juta.
3. Diikutsertakan pada program undian Untung Beliung BritAma, dan Program hadiah menarik lainnya.
4. Fasilitas Transaksi Otomatis, meliputi:
ü   Automatic Fund Transfer (AFT)
Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya di BRI pada tanggal tertentu yang ditetapkan nasabah.
ü   Account Sweep
Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya secara otomatis, yang sebelumnya telah di set up sesuai dengan batasan saldo minimal dan maksimal yang ditetapkan nasabah.



ü   Automatic Grab Fund (AGF)
Fasilitas untuk menarik (mendebet) dana Tabungan BRI BritAma secara otomatis oleh satu rekening tertentu, misalnya untuk angsuran pembayaran rekening pinjaman Bank.
Persyaratan:
1.      Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
2.      Mengisi Identitas diri:
·         WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis NIK dan NPWP.
·         WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung.
3.      Setoran awal sebesar Rp 250.000,-
B.     TABUNGAN SIMPEDES
Simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dengan mata uang rupiah, yang dapat dilayani di Kantor Cabang Khusus BRI / Kanca BRI / KCP BRI / BRI Unit / Teras BRI, yang jumlah penyetoran dan pengambilannya tidak diabatasi baik frekuensi maupun jumlahnya, sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.
Keunggulan Simpedes:
·       Jaringan yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan terhubung secara On Line
·       Peluang besar untuk memenangkan hadiah, total Milyaran Rupiah
·       Dilengkapi dengan BRI Card (Kartu BRI) yang berfungsi sebagai Kartu ATM dan Kartu Debit dengan fitur transaksi yang lengkap.
·       Pembukaan Rekening Tabungan Simpedes BRI yang mudah dan praktis, di seluruh unit kerja BRI.
·       Jumlah dan frekuensi setor dan ambil tidak dibatasi, sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku
Fasilitas:
·       Transfer Otomatis Antar Rekening
1.      Automatic Fund Transfer (AFT)
Fasilitas untuk mentransfer dana dari rekening Simpedes ke rekening simpanan di BRI, baik di Unit Kerja sendiri ataupun di Unit Kerja lain, setiap tanggal tertentu dengan nominal transfer tertentu yang bersifat tetap (secara rutin).
2.      Account Sweep
Fasilitas untuk mentransfer dana dari satu rekening ke rekening lainnya di Unit Kerja sendiri ataupun di Unit Kerja lain secara otomatis yang sebelumnya di set up saldo minimal atau saldo maksimalnya. Transfer otomatis terjadi apabila batas saldo minimal atau maksimal tersebut terlampaui. Fasilitas ini dapat digunakan untuk keperluan Simpedes mem-back up giro secara otomatis.
 3.Automatic Grab Fund (AGF)
 Fasilitas transfer otomatis untuk menarik (mendebet) dana secara otomatis oleh satu rekening dari rekening lainnya, baik di Unit Kerja sendiri maupun Unit Kerja lain. Inisiatif pendebetan berasal dari rekening yang akan mendebet, dengan nominal transaksi yang bersifat tetap. Fasilitas ini dapat digunakan untuk pembayaran angsuran pinjaman secara otomatis, dimana rekening pinjaman akan secara otomatis mendebet rekening Simpedes untuk membayar angsurannya.
·       Aksesibilitas BRI CarD
·       Jaringan BRI Card
Persyaratan:
·       Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening
·       Setoran awal sebesar Rp 100.000,-
·       Perorangan
1.Melengkapi identitas diri

2.WNI : KTP / SIM / Paspor
3.WNA : KITAS atau KITAP
·       Non Perorangan
1.Melengkapi identitas perusahaan

2. Anggaran Dasar
 3. SIUP, SITU, dsb
C.     TABUNGAN BRITAMA BISNIS
Produk tabungan BRI yang diutamakan untuk digunakan dalam bisnis dengan memberikan keleluasaan lebih dalam bertransaksi, kejelasan lebih dalam pencatatan transaksi dan keuntungan yang lebih untuk menunjang transaksi kebutuhan bisnis nasabah.
Keunggulan BritAma:
a. Gratis biaya administrasi bulanan dengan syarat saldo rata-rata bulanan min Rp 5 juta
b. Pencatatan transaksi di Buku Tabungan lebih detail
c. Di Internet Banking limit RTGS mencapai 1 Milyar, dan overbooking hingga 5 Milyar.
d. Transaksi real time online di lebih dari 10.000 Unit Kerja BRI dan 23.000 ATM BRI seluruh Indonesia.
e. Aksesibilitas Kartu ATM/Debit BRI di jaringan BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro dan MasterCard baik di dalam maupun di luar negeri.
f. Gratis cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150.000.000.
g. Suku bunga BritAma Bisnis lebih tinggi dibandingkan Tabungan Umum
h. Limit Traksaksi Antar Cabang hingga Rp.1 Milyar.
Fasilitas:
a. E-banking BRI (ATM, CDM, Mini ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, dll.)
b. Asuransi kecelakaan diri bagi nasabah perorangan:
·         Nasabah Tabungan BRI BritAma dengan saldo akhir minimal Rp. 500.000 diberikan fasilitas asuransi kecelakaan diri secara gratis.
·         Pertanggungan yang diberikan sebesar 250% dari saldo akhir atau maksimal sebesar Rp. 150 juta.
c.  Diberikan tambahan manfaat asuransi untuk nasabah yang meningggal karena kecelakaan yaitu:
·         Santunan pendidikan (200% dari saldo akhir atau maksimal Rp.10 juta)
·         Santunan pendapatan (100% dari saldo akhir atau maksimal Rp 12 juta)
·         Santunan duka sebesar Rp1,5 juta.
d. Diikutsertakan pada program undian Untung Beliung BritAma, dan Program hadiah menarik lainnya.
e. Kartu debit premium, dengan limit transaksi harian lebih tinggi
f. Bundling SMS Notifikasi
g. Fasilitas Transaksi Otomatis, meliputi:
·         Automatic Fund Transfer (AFT)
Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya di BRI pada tanggal tertentu yang ditetapkan nasabah.
·         Account Sweep
Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya secara otomatis, yang sebelumnya telah di set up sesuai dengan batasan saldo minimal dan maksimal yang ditetapkan nasabah.
·         Automatic Grab Fund (AGF)
Fasilitas untuk menarik (mendebet) dana Tabungan BRI BritAma secara otomatis oleh satu rekening tertentu, misalnya untuk angsuran pembayaran rekening pinjaman Bank.
Persyaratan
1. Untuk Nasabah Perorangan:
·         Setoran awal sebesar Rp 1.000.000,-
·         Mengisi form aplikasi pembukaan rekening (AR-01)
·         Identitas diri:
WNI :  Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis NIK dan NPWP
WNA: Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung
2. Untuk Nasabah Non Perorangan:
·         Setoran awal sebesar Rp 1.000.000,-
·         Mengisi form aplikasi pembukaan rekening (AR-02)
·         Identitas diri pengurus perusahaan:
WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis NIK dan NPWP.
WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung.
·         Melampirkan fotokopi Akte Pendirian/Anggaran Dasar
·         Ijin usaha (SIUP/TDP)
·         Surat Kuasa penunjukan pemegang kartu dan menanggung jawab rekening yang dibuat oleh pengurus perusahaan kepada orang yang dikuasakan.

D.    TABUNGAN BRI BRITAMA EDISI ANAK MUDA
Produk tabungan dengan desain kartu debit khusus yang elegan untuk anak muda serta memberikan beragam kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan dengan didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun.
Keunggulan BritAma Edisi Anak Muda:
a. Karatu debit berlogo Master Card dengan desain yang elegan untuk anak muda
b. Transaksi real time online di lebih dari 10.000 Unit Kerja BRI dan 23.000 ATM  BRI seluruh Indonesia.
c. Aksesibilitas Kartu ATM/Debit BRI di jaringan BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro dan MasterCard baik di dalam maupun di luar negeri.
d. Gratis cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150.000.000,-
e. Didukung oleh Fasilitas e-Banking (mobile banking, Internet banking, sms notifikasi dll)
f. Suku bunga tabungan kompetitif
g . Dapat memilih Fasilitas  Transaksi Otomatis
h. Limit Transaksi Antar Cabang hingga Rp.300.000.000,-
Fasilitas:
a.  E-banking BRI (ATM, CDM, Mini ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dll.)
b. Asuransi kecelakaan diri bagi nasabah perorangan:
·         Nasabah Tabungan BRI BritAma dengan saldo akhir minimal Rp. 500.000 diberikan fasilitas asuransi kecelakaan diri secara gratis.
·         Pertanggungan yang diberikan sebesar 250% dari saldo akhir atau maksimal sebesar Rp. 150 juta.
·         Diberikan tambahan manfaat asuransi untuk nasabah yang meningggal karena kecelakaan yaitu:
1.      Santunan pendidikan (200% dari saldo akhir atau maksimal Rp.10 juta)
2.      Santunan pendapatan (100% dari saldo akhir atau maksimal Rp 12 juta)
3.      Santunan duka sebesar Rp1,5 juta.
c. Diikutsertakan pada program undian Untung Beliung BritAma, dan Program hadiah menarik lainnya.
d. Fasilitas Transaksi Otomatis, meliputi:
·         Automatic Fund Transfer (AFT)
Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya di BRI pada tanggal tertentu yang ditetapkan nasabah.
·         Account Sweep
Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya secara otomatis, yang sebelumnya telah di set up sesuai dengan batasan saldo minimal dan maksimal yang ditetapkan nasabah.
·         Automatic Grab Fund (AGF)
Fasilitas untuk menarik (mendebet) dana Tabungan BRI BritAma secara otomatis oleh satu rekening tertentu, misalnya untuk angsuran pembayaran rekening pinjaman Bank.
Persyaratan:
a. Berusia 17 s.d 35 tahun
b. Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
c. Identitas diri:
     WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis NIK dan NPWP
     WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung
d. Setoran awal sebesar Rp 100.000,-
E.     TABUNGAN SIMPEDES TKI
Tabungan yang diperuntukkan bagi para TKI untuk mempermudah transaksi mereka termasuk untuk penyaluran / penampungan gaji TKI.
Keunggulan:
·         Setoran awal hanya Rp 10.000,-
·         Periode dormant lebih lama (tenggat waktu tabungan pasif)
Persyaratan:
·         Mengisi formulir pembukaan rekening
·         Melampirkan copy identitas diri (KTP / SIM / Paspor) disertai surat rekomendasi dari PPTKIS.

F.      TABUNGAN BRI SIMPEL
Tabungan untuk siswa/pelajar yang ditertibkan oleh Bank BRI dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.
Keunggulan Bri Simpel:
a. Gratis biaya administrasi bulanan
b. Setoran awal dan setoran lanjutan murah
c. Pembukaan rekening mudah karena siswa tidak perlu mendatangi kantor bank
d. Selain menabung di kantor bank, siswa juga dapat menabung di sekolah
e. Pembukaan rekening tanpa melalui mekanisme bundling dengan rekening orang tua/ wali.
f. Rekening atas nama siswa
Persyaratan:
a. Terdapat PKS antara Bank BRI dengan sekolah.
b. Setoran awal : minimum Rp 5.000,-
c. Identitas siswa:
·         Kartu Pelajar/Surat Keterangan dari Sekolah yang mencantumkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)/NIS (Nomor Induk Siswa) atau
·         Kartu Keluarga yang mencantumkan NIK (Nomor Induk Kependudukan)
·         Fotocopy Akta Lahir
·         Fotocopy Kartu Keluarga
·         Fotocopy KTP Orangtua/wali
·         Formulir Aplikasi Pembukaan Rekening
·         Formulir Tambahan Pembukaan Rekening (Persetujuan Orang tua/wali)
G.    TABUNGAN HAJI
Produk yang diperuntukkan bagi perorangan guna mempersiapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH)
Fasilitas:
a. Gratis asuransi kecelakaan dan asuransi jiwa dengan maksimum cover hingga 120% dari Saldo Akhir maksimal Rp.50.000.000,-
b. Gratis Biaya Administrasi 
c. On-Line langsung dengan Siskohat Depag
d. Diberikan souvenir perlengkapan haji
e. Penarikan tidak dibatasi sepanjang memenuhi batas saldo minimum.
f. Saldo mencapai Rp. 25.000.000,- dibantu penginputan data Calon Jemaah Haji untuk memperoleh nomor validasi pendaftaran haji.
Persyaratan
a. Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
b. Identitas diri:
     WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis NIK dan NPWP
     WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung
c. Setoran awal sebesar Rp 50.000,-

H.    TABUNGAN BRITAMA RENCANA
Tabungan investasi dengan setoran tetap bulanan yang dilengkapi dengan fasilitas perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah.
Keunggulan
·          Bunga lebih tinggi dibandingkan tabungan umum
·         Nasabah bebas menentukan setoran tetap bulanan. Minimum Rp 100.000 dan maksimum Rp 5.000.000,- (kelipatan Rp 50.000,-).
·         Nasabah bebas menentukan jangka waktu tabungan (1-20 tahun) 
·         Manfaat asuransi jiwa hingga Rp 1 Milyar
·         Penerusan setoran tetap oleh perusahaan asuransi jika nasabah meninggal dunia
·         Tidak diperlukan medical check-up
·         Dapat dicairkan sewaktu-waktu
·         Setoran tambahan dapat dilakukan sewaktu-waktu.
Fasilitas
·         Bebas biaya administrasi
·         Laporan mutasi rekening koran per 3 bulan
·         Manfaat asuransi jiwa
·         Santunan atas klaim meninggal dunia biasa sebesar 100 kali santunan tetap. Santunan atas klaim meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar 200 kali santunan tetap.
·         Penerusan setoran tetap bulanan oleh perusahaan asuransi saat nasabah meninggal dunia
Persyaratan
·         Berusia minimum 17 tahun dan maksimum 64 tahun
·         Memiliki rekening Tabungan BRI BritAma/Britama Bisnis/Giro
·         Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
·         Identitas diri:
WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP)
WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS
I.       TABUNGAN BRITAMA VALAS
Tabungan dalam mata uang asing yang menawarkan kemudahan transaksi dan nilai tukar yang kompetitif. Tersedia dalam 7 jenis currency meliputi USD, AUD, SGD, CNY, EUR, AED dan HKD.
Keunggulan Britama Valas:
·         Kemudahan bertransaksi di lebih dari 10.000 Unit Kerja BRI dan 23.000 ATM BRI seluruh Indonesia.
·         Aksesibilitas Kartu ATM/Debit BRI untuk melakukan cek saldo, tarik tunai dan purchase di jaringan BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro dan MasterCard baik di dalam maupun di luar negeri
·         Nilai tukar kompetitif
·         Gratis cover asuransi kecelakaan diri hingga ekuivalen Rp 150.000.000,-
·         Penyetoran dan penarikan dapat dilakukan baik dalam mata uang rupiah maupun dalam mata uang asing lainnya sesuai ketersediaan mata uang di Kantor BRI
Fasilitas:
·         Laporan mutasi rekening koran setiap bulan
·         Asuransi kecelakaan diri, Setiap nasabah perorangan dengan saldo minimum ekuivalen Rp 500.000,- berhak atas jaminan asuransi kecelakaan diri (personal accident) dengan nilai pertanggungan sebesar 250 % dari saldo terakhir atau maksimum sebesar ekuivalen Rp.150.000.000,-
Persyaratan:
·         Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
·         Identitas diri:
      WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP)*
      WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS
·         Setoran Awal:
     USD 50, AUD 50, SGD 65, EUR 50, CNY 350, AED 175 dan HKD 350.
J.       TABUNAGN BRI JUNIO
Produk Tabungan BRI yang ditujukan khusus kepada segmen anak dengan fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak.
Keunggulan Tabungan BRI Junio:
·         Transaksi real time online
·         Kemudahan bertransaksi di lebih dari 10.500 Unit Kerja BRI dan 23.000 ATM BRI seluruh Indonesia.
·         Gratis cover asuransi kecelakaan diri bagi nasabah perorangan dengan JUP hingga Rp 150.000.000
·         Fitur Tabungan BRI Junio Rencana (Installment)
·         Bunga tabungan kompetitif
·         Buku tabungan dan kartu ATM/Debit berkarakter khusus.
Fasilitas:
·         E-banking BRI (ATM, CDM, Mini ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dll.)
·         Asuransi kecelakaan diri untuk setiap nasabah perorangan dengan saldo minimum Rp 500.000,- berhak atas jaminan asuransi kecelakaan diri (personal accident) dengan nilai pertanggungan sebesar 250 % dari saldo terakhir atau maksimum sebesar Rp.150.000.000,-.
·         Fasilitas Transaksi Otomatis, meliputi:
a. ​Automatic Fund Transfer (AFT)
​Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya di BRI pada tanggal tertentu yang ditetapkan nasabah.
 b. Account Sweep
​Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya secara otomatis, yang sebelumnya telah di set up sesuai dengan batasan saldo minimal dan maksimal yang ditetapkan nasabah
c. Automatic Grab Fund (AGF)
Fasilitas untuk menarik (mendebet) dana Tabungan BRI BritAma secara otomatis oleh satu rekening tertentu.
Persyaratan:
·         Usia Nasabah < 17 Tahun
·         Orang tua memiliki rekeningTabungan BRI BritAma/Simpedes. Bagi orang tua yang belum memiliki rekening di BRI dapat melakukan pembukaan rekening Tabungan BRI BritAma/Simpedes terlebih dahulu.
·         Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
·         Kartu Keluarga/Akte Kelahiran
·         Setoran awal sebesar Rp 100.000,-
·         Usia Nasabah > 17 Tahun
o   Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
o   Identitas Diri
WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP)*
WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS
o    Setoran awal sebesar Rp 150.000,-













BAB III
PENUTUP
3.1    Kesimpulan
Secara sederhana bank diartikan sebagai lembaga keuangan yang kegiatan usahanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat serta memberikan jasa-jasa bank lainnya.
Bank memiliki fungsi di antaranya:
1.    Sebagai pemantau dalam transaksi
2.    Sebagai tabungan dan perkreditan
3.    Stabilitas moneter melalui suku bunga
4.    Transaksi uang sebagai komoditas.
Tugas-tugas bank yaitu:
1.    Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter.
2.    Mengatur dan menjaga kelancaran system pembayaran.
3.    Mengatur dan mengawasi bank.
Ada banyak produk yang  disediakan Bank untuk Masyarakat dan dapat memudahkan
*) Aku bingung buat kesimpulannya produk bank =D hahahahaha
3.2    Saran
Berdasarkan tulisan di atas penulis menyadari banyaknya kekurangan yang ada dalam makalah, dikarenakan kurangnya pengalaman dalam hal membuat makalah. Oleh karena itu penulis meminta maaf atas kekurangan yang ada dan penulis mohon kritik dan saran dari para pembaca guna membuat penulis dapat membuat makalah yang lebih baik untuk kedepannya.

Komentar

Postingan Populer